Rabu, 17 Juni 2009

Manajemen Waktu, "Saatnya Membuat Rencana"

“Manajemen Waktu”

SAATNYA UNTUK MEMBUAT RENCANA

Ingin tau??
Seefektif apakah jadwal yang kamu buat?
Lengkapi lembar kerja berikut lalu jumlahkan nilai yang kamu peroleh....

1. Seringkah kamu merencanakan kegiatan seminggu sebelumnya?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


2. Seringkah kamu menunda tugas yang kamu harus segera kerjakan?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


3. Seringkah kamu begitu tertekan hingga merasa ’enggak punya cukup waktu’ untuk menyelesaikan sebuah tugas?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


4. Seringkah kamu membuang waktu dengan megobrol atau ikut pertemuan yang engga berguna?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


5. Apakah dalam jadwal yang kamu buat ada waktu untuk hal-hal yang tidak terduga?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


6. Seringkah kamu bersedia melakukan tugas lain sebelum menyelesaikan tugas yang tengah kamu kerjakan?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


7. Seringkah kamu terburu-buru melakukan tugas untuk beberapa proyek dan menyelesaikan semuanya, tapi tidak puas dengan hasilnya karena kamu tidak punya waktu untuk itu?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


8. Seringkah kamu melompat dari satu tugas ke tugas lainnya karena tidak yakin mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


9. Seringkah kamu kehilangan ide bagus karena tengah sibuk mengerjakan sesuatu hingga tidak sempat menuliskannya?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


10. Seringkah kamu menyatakan bersedia meneria tugas atau proyek lain saat jadwalmu sebenarnya sudah penuh karena ingin terlibat dalam tugas atau proyek baru itu?

 Tidak pernah 1
 Jarang 2
 Kadang-kadang 3
 Sering 4
 Selalu 5


NILAI
10 sampai 15  sempurna
16 sampai 20  sangat bagus
21 sampai 25  bagus
26 sampai 30  lumayan
31 sampai 50  buruk

Bagaimana nilaimu? Kalau nilaimu engga terlalu bagus, perhatikan baik-baik bahasan berikut tentang bagaimana caranya kamu memperbaiki keterampilanmu mengatur waktu...!!



MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGATUR WAKTU

Rainer Martens memberikan tips mengatur waktu:
1. rencanakan waktumu secara berkala
2. tentukan target terdekatmu dengan jelas dan tulis rencana mingguan. Periksa kembali rencana ini setidaknya sekali dan tandai tugas-tugas yang telah kamu selesaikan
3. buat target yang realistis
4. buat skala prioritas
5. kembangkan kemampuan berkonsentrasi
6. tuliskan pikiran-pikiran penting atau catatan-catatan yang berkaitan dengan tugasmu. Jangan terlalu mengandalkan daya ingatmu
7. buat dan patuhi tenggat waktu
8. dorong orang lain untuk tidak membuang waktumu
9. santai sedikit, lalu mulai lagi kalau kamu merasa kewalahan. Tinjau kembali target dan rencanamu dan mulailah membuat prioritas kerja.
10. luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Buat kerangka kreja yang sehat. Ini akan membantumu menghindari stres dan mengatur waktu dengan baik.


Sumber:
Graham, Stedman. I can do it!:9 kiat meraih sukses; penerjemah lovely. Kaifa, Bandung 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar